Fakultas
Pertanian

Kontak

Sejarah

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR) didirikan pada tahun 1977, dengan mengembangkan tiga jurusan/program studi yaitu Jurusan Budidaya Pertanian/Program Studi Agronomi, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian dan Jurusan Perikanan/Program Studi Budidaya Perairan. Seluruh Program Studi yang dimiliki Fakultas Pertanian sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Program Studi Agroteknologi diakreditasi dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 013/BAN-PT/AK-SUV-i/SI/IX2009 tanggal 11 September 2009. Program Studi Agribisnis diakreditasi, dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 008/BAN-PT/AK-IX/S1/VI/2005 tanggal 23 Juni 2005, serta Program Studi Budidaya Perairan, dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No.009/BAN-PT/AK-IX/2006. Namun dengan keluarnya SK tahun 2008, tentang pergantian nama, untuk jurusan Budidaya Pertanian Program Studi Agronomi menjadi Program Studi Agroteknologi dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian menjadi Program Studi Agribisnis.

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 3391/SK/BAN-PT/Akred/S.1/X/2017, menyatakan bahwa Program Study Sarjana Agribisnis, Universitas Islam Riau, Pekanbaru terakreditasi dengan peringkat A, yang berlaku sampai tanggal 12 September 2022. Prodi Budidaya Perairan juga memperoleh nilai Akreditasi yang sama yaitu A dengan Surat Keputusan BA-PT No. 2994/SK/BAN-PT/Akred/ S/VIII/2017 dengan masa berlaku sampai tahun 22 Agustus 2022 mendatang.

Berkat kerja keras sivitas akademika Fakultas Pertanian UIR, pada tanggal 28 Mei 2014, Program Study Sarjana Agroteknologi Universitas Islam Riau, Pekanbaru terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A. Hal ini sesuai dengan sertifikat akreditasi BAN-PT No. 2035/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 dan berlaku sampai dengan 25 Jun 2024.

Kehadiran Fakultas Pertanian di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Riau pada umumnya bertujuan untuk membantu meningkatkan sumberdaya manusia dalam bidang pertanian dalam arti luas dan untuk menjawab tantangan dan peluang pengembangan sektor pertanian yang berorientasi agribisnis dan aquabisnis.

Sambutan

Dekan Fakultas
Pertanian

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Islam Riau (UIR) dapat memperkenalkan seluruh aktifitas dan catur dharma FIKOM UIR melalui website ini sebagai salah satu representasi FIKOM di dunia digital Website ini menjadi upaya untuk menerima kunjungan berbagai pihak sebagai sarana silaturahmi mahasiswa, wali mahasiswa, alumni, mitra, dan masyarakat pada umumnya. FIKOM UIR akan senantiasa membuka diri terhadap perubahan dan meningkatkan prestasi dan kompetensi agar memberikan layanan terbaik dan efektif untuk seluruh civitas akademika dan dapat berkontribusi pada kecerdasan kehidupan bangsa dan negara, khususnya dalam bidang Media dan Komunikasi Digital
Wassalamualaikum wr wb,

DR. AR. Imam Riauan, M.I.Kom
Dekan FIKOM UIR

Universitas Islam Riau

"to be world class islamic university base on iman and takwa"