Pertanian 13 Jul 2021

PMB, Tim Fakultas Pertanian Lakukan Promosi dan Sosialisasi

Tim promosi dan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Pertanian UIR Tahun 2021/2022, sebagai ketua Timnya adalah Dr. Fathurrahman, M.Sc dengan anggota Ir. Iskandar Johan, M.Si, M. Nur, MP, Hajri Arif Wahyudi, MMA, M. Hasbi, M.Si dan Subhan Arridho, MP, yang telah dilaksanakan pada 10 Februari 2021 di 6-8 April 2021. Adapun Sekolah yang dikunjungi antara lain berada di kapupaten Rokan Hulu (SMKN 1 Rambah, SMKN 1 Rambah Samo, SMKN 2 Rambah Samo), Pelalawan (SMKN1 Pangkalan Kuras, SMK Pertanian Sialang, SMKN1 Pangkalan Lesung), Indragiri Hulu (SMK N 1 Pasir Penyu, SMKN 1 Siberida, SMKN 1 Batang Gangsal, SMKN1 Kuala Cinaku, SMKN1 Peranap, SMKN 1 Kelayang), Kuantan Singingi (SMKN1 Sengingi Hilir, SMKN 3 Teluk Kuantan, SMKN 1 Pangean, SMKN 1 Sentajo Raya), Kampar (SMK NEGERI 1 Perhentian Raja), Siak (SMK Pertanian Kandis, SMKN1 Bunga Raya, SMKN 04 Lubuk Dalam, SMKN1 Sabak Auh) Bengkalis (SMKN 1 Siak Kecil, SMKN1 Pinggir, SMKN1 Bengkalis).

Materi yang disampaikan antara lain, profil fakultas dan program studi, Fasilitas yang tersedia dan program kreatifitas mahasiswa. Sebenarnya masih banyak SMKN yang berbasis ilmu pertanian yang belum dapat dikunjungi karena keterbatasan waktu. Pada umumnya sambutan dari Kepala sekolah, guru dan siswa kelas 12 SMKN sangat hangat dan siswa banyak yang antusias ingin melanjutkan pendidikan Strata satu (S1).

Menurut Fathurrahman dalam kegiatan promosi kali ini calon mahasiswa diberikan kemudahan dalam mendaftar yaitu berbasis rapor. Berkaitan fasilitas telah disampaikan Fakultas Pertanian memiliki laboratorium, kebun percobaan, Unit Hidroponik, ruang kelas ber-AC yang representatif. Fakultas Pertanian UIR juga menyediakan berbagai macam beasiswa prestasi dan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu. Selain itu untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa sebagai agripreneur dan aquainterpreneur, fakultas menyediakan lahan dan modal usaha.

Selanjutnya berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan soft skill juga difasilitasi Fakultas. Pada sela kunjungan juga dilakukan MOU berkaitan dengan magang (Perakerin) siswa ke Fakultas Pertanian. Menurut guru dan siswa yang dikunjungi bahwa kegiatan ini memberikan informasi yang lebih jelas karena informasi profil fakultas dan program studi yang ditawarkan diterangkan secara jelas.

[ pertanian ]