Pertanian 16 Sept 2019

Tim Dosen Faperta Uir Berikan Bekal Kewirausahaan Bagi Divisi Herbal Bangkit Pengusaha Muslim Pekanbaru

Pekanbaru (MR).  Keberadaan industri produk herbal dan kosmetik di Indonesia memiliki prospek bisnis cerah. Namun, penyediaan bahan baku lokal ,pengolahan dan pemasaran masih menjadi tantangan pengembangan industri tersebut. Disisi lain diperlukan kompetensi dan kinerja yang mumpuni dari pengusaha yang menggeluti bidang tersebut.

Kompetensi dan kinerja kewirausahaan dari pengusaha kecil yang tergabung dalam Bangkit Pengusaha Muslim (BPM) Divisi Herbal perlu ditingkatkan, baik dari segi kemampuan budidaya tanaman herbal, pengolahan (agroindustry), manajemen dan  pemasaran.  Tim pengabdian masyarakat Faperta UIR dalam hal ini didukung oleh Bapak Dekan Faperta UIR Dr. Ir.Ujang Paman, M.Agr dan terispirasi oleh pakar Herbal ibu Dr.Nurmawaty, Apt, dan kawan-kawan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada Divisi Herbal yang tergabung dalam Bangkit Pengusaha Muslim Pekanbaru

Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan dengan memberikan pelatihan berbagai materi terkait peningkatan kemampuan berwirausaha untuk kesuksesan usaha mereka. Antara lain,  Ibu Dr.Nurmawaty Apt, memberikan materi seputar prospek pengobatan herbal,  Dr.Ir.Marliati, MSi., dengan materi Membangun Karakter Kewirausahaan, Bapak Ir.Sulhaswardi,MP. dengan terkait dengan budidaya berbagai tanaman obat-obatan. Keiatan dilakukan di Kebun Herbal An-Nabaat , Air Hitam Tapung dan Kebun Percobaan Faperta UIR. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Bangkit Pengusaha Muslim Divisi Herbal yang diketuai oleh Ibu Rika Ruvaida, STP.  Mereka berharap kegiatan ini berkesinambungan dan mendapat  pembinaan yang kontinu dari Tim Pengabdian Pada Masyarakat Faperta UIR. 

 

[ pertanian ]