Pertanian 10 Okt 2018

Dekan Faperta UIR akan hadiri Asia-Pasific Forum of SAFE di Manila, Philipina.

Asia-Pacific Net-work Forum on Sustainable Agriculture, Food and Energy akan mengadakan pertemuan tahunan yang ke 6 dan sekaligus menyelenggarakan International Conference di Manila, Philipina, tanggal 18-21 Oktober 2018. 

Forum yang beranggotakan sebanyak 72 universitas dari lebih 10 negara yang ada di Asia-Pasific ini sudah 5 kali mengadakan International Conference yang diadakan bergiliran diantara negara anggota.  International Conference tahun ini mengambil tema “Inclusive agri-food energy production for community empowerment in a changing climate” dan akan dihadiri oleh para ilmuan, peneliti, praktisi, dan pejabat pemerintah setempat lebih kurang 350 orang.

Fakultas Pertanian UIR sebagai salah satu Fakultas Pendiri (Founder) forum tersebut 6 tahun lalu (2013) akan dihadiri oleh Dekan: Dr. Ujang Paman Ismail, M.Agr dan  Direktur Pascasarajana: Dr. Saipul Bahri, M.Ec.  Adapun makalah yang akan dipresentasekan pada forum tersebut adalah: Farm Power Sources and Machinery Contribution in Small Rice Farming Operations in Indonesia.

Pada pertemuan tahun ini, peserta conference juga akan dibawa mengunjungi International Rice Research Institute (IRRI) di Los Banos, Philipina.  Kunjungan ke markas IRRI tersebut sangat penting untuk mengetahui lebih dekat perkembangan varietas, teknologi dan modernisasi mesin pertanian untuk tanaman padi yang dikembangkan di tempat tersebut.  Pengalaman ini sangat penting artinya untuk kemajuan dan pengembangan pertanian khususnya tanaman padi di Riau atau setidaknya di Fakultas Pertanian UIR ke depan.

[ Adm-UIR ]