Pertanian 18 Des 2017

Faperta UIR Taja Seminar Nasional Sawit goes to Campuss


Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Riau menyelenggarakan Seminar Nasional Sawit goes to campuss dengan Tema “Sawit adalah Kita” di Aula Pascasarjana UIR tanggal 14 Desember 2017.  Seminar ini sepenuhnya disponsori oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Pusat melalui APKASINDO, menghadirkan pembicara utama Dr. Bayu Krisnamurthy yang merupakan Wakil Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia pada kabinet Era SBY.


 Disamping pembicara utama tersebut, ada dua pakar sawit yang diundang yaitu Dr. Agus Susanto dan Dr. Ronald Siahaan dari BPKS Medan.  Seminar tersebut dihadiri sekitar 700 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Riau diantaranya Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Riau (UR), Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) dan Universitas Lancang Kuning (UNILAK).

  Setiap peserta diberi baju, flasdish dan souvenir lainnya dan ditambah dengan door prize dan ini membuat seminar tersebut mendapat sambungan antusias dari para peserta. 
Bapak Dr. Bayu Krisnamurthy juga membuat lomba menulis artikel Ilmiah dengan judul  “We  are Sawit” dan akan dipiih 4 mahasiswa pemenang. Ke empat pemenang yang terpilih akan diundang ke Kucing, Malaysia Bulan Oktober 2018 dan semua biaya akan ditanggung oleh belaiau.

Di acara Semnar Nasional tersebut, ditandatangani pula MoU antara Fakultas Pertanian UIR dengan APKASINDO Provinsi Riau dalam mengembangkan sumberdaya manusia petani kelapa sawit Riau dan penyelenggaraan seminar rutin serta penelitian untuk mahasiswa dan dosen. 

Seminar Sawit goes to Campuss tersebut direncanakan akan diselenggarakan setiap dan bergiliran di Fakultas Pertanian di Perguruan Tinggi di Riau.  Seminar ini menjadi penting karena dapat memberi pengetahuan yang berharga kepada mahasiswa, terutama yang orang tuanya mempunyai kebun kelapa sawit untuk bisa mengelola kebunnya dengan baik sehingga bisa meningkatkan pendapatan dari kebun kelapa sawit yang dimilikinya, demikian harapan dari Ketua APKASINDO Provinsi Riau Ir. G. M. Manurung, MP. 

Sedangkan Dekan Faperta UIR: Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M.Agr mengharapkan Seminar Nasional seperti ini sangat penting dan diperlukan dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang kelapa sawit yang banyak ditanam petani di Provinsi Riau dan bahkan sekarang nomor satu dari perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia. 

Tambahan lagi, seminar yang disponsor seratus persen oleh pihak luar sangat menguntungkan bagi UIR karena kegiatan ilmiah bisa berjalan dengan baik di kampus dan UIR tak perlu mengeluarkan uang untuk membiayainya, sementara nama UIR semakin dikenal oleh masyarakat luas.
 

[ Adm-UIR/ UP ]