Pertanian 09 Okt 2017

Prodi Agribisnis UIR Raih Akreditasi A

Universitas Islam Riau (UIR) menambahkan satu lagi untuk program studi (Prodi) yang berakreditasi “A”. Kali ini dari Prodi Agribisnis, Fakulltas Pertanian (Faperta). Hasil Penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memutuskan prodi Agribisnis Faperta UIR yang sebelumnya berakreditasi B layak naik tingkat menjadi “A”. Keputusan ini dituangkan dalam SK nomor 3391/SK/BAN-PT/AKRED/S/IX/2017.

Dengan raihan akreditasi A yang didapat Prodi Agribisnis dari Fakultas Pertanian, maka menjadi 7 prodi di UIR yang berkareditasi A dan seluruh prodi di Faperta UIR. Karena dua prodi lainnya di Faperta UIR yakni prodi Agroteknologi dan Budidaya Perairan telah lebih dulu mendapatkan Akreditasi A.
“Ini adalah prodi ketujuh di UIR yang mendapatkan akreditasi A. Ini tentu membanggakan sekali serta menjadi motivasi bagi prodi lainnya untuk meningkatkan kualitasnya” kata Rektor, Prof.Syafrinaldi, S.H.,M.C.L, Jumat (6/10).

Di Wilayah Kopertis X, Riau, Kepri, Sumbar dan Jambi, ada sebanyak 13 Prodi yang menadapat akreditasi A dan tujuh diantaranya ada di UIR. Hingga saat ini UIR hanya menyisakan dua Prodi yang masih C, yakni prodi Administrasi Perkantoran di Fakultas Ilmu Sosial dan politik (Fisipol) dan Teknik Geologi di Fakultas Teknik. Namun saat ini tengah dalam proses re-akreditasi. “Mudah-mudahan bisa dapat B atau A” lainnya sudah bernilai B. Ujar Rektor.

Selain itu jika tidak ada aral melintang pada tahun ajarab 2018/2019 mendatang, UIR akan membuka prodi baru di Fisipol UIR yakni Prodi hubungan International. “Memang UIR fokus ada peningkatan mutu Universitas. Salah satunya, terus meningkatkan akreditasi prodi-prodi yang disajikan dan kualitas dosen tenaga pengajar. Saat ini, UIR memiliki 10 guru besar dan 80 orang doktor. Dengan begitu, UIR akan melahirkan mahasiswa yang berkualitas.

[ Adm-UIR ]