Pertanian 02 Nov 2016

FAPERTA UIR JALIN KERJASAMA DENGAN PT. SUMATERA DINAMIKA UTAMA

Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama dengan stakeholders, Fakultas Pertanan Universitas Islam Riau (UIR) telah melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan perkebunan besar di Indonesia yaitu PT. Sumatera Dinamika Utama (SDU) pada tanggal 13 Oktober 2016.  Memorandum of Understanding ini ditandangani oleh Human Resources Manager PT.  SDU: Bapak The Beng Han, dan dari Fakultas Pertanian UIR oleh Dekan: Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M.Agr. Kerjasama ini akan direalisasikan dalam bentuk kuliah umum (stadium general), training dalam kegiatan kemahasiswaan, praktek kerja lapangan (magang),   penyediaan tenaga profesional oleh perusahaan dan rekruitment alumni faperta UIR untuk dipekerjakan di perusahaan bersangkutan. Dengan demikian, kompetensi lulusan Fakultas Pertanian UIR dapat meningkat agar mampu bersaing dengan lulusan dari universitas lainnya, baik di Riau maupun di Indonesia, bahkan di tingkat regional (ASEAN). 

Fakultas Pertanian UIR terus menggalang dan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak terutama stakeholders untuk meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan.  Dalam menghadapi perubahan yang cepat dan persaingan yang semakin ketat dalam merebut peluang kerja saat ini, lembaga pendidikan seperti Fakultas Pertanian UIR  mempunyai tugas  berat untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi lebih untuk mengadap tantangan tersebut.  Kerjasama seperti ini terutama dalam kegiatan magang atau training merupakan salah satu cara untuk menjawab tantangan dan mencapai  kompetensi yang diperlukan.  

Pengalaman selama mengikuti magang akan sangat berguna bagi mahasiswa baik ketika melamar pekerjaan maupun sudah diterima bekerja di perusahaan. Karena sekarang ini kualitas lulusan bukan hanya diukur dari aspek output semata (IPK misalnya), akan tetapi yang lebih penting adalah outcomenya.  Kalau karier lulusan baik dan sukses di tempat mereka bekerja, maka outcome lulusan dari lembaga pendidikan tersebut berkualitas.  Oleh karena itu, Fakultas Pertanian UIR berusaha keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan mempunyai kompetensi lebih baik, sehingga mampu bekerja lebih baik dan sukses berkarier di tengah masyarakat. 

[ Pertanian ]