Pertanian 22 Sept 2016

Milad, Prodi Budi Daya Perairan Taja Simposium

Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau telah menaja acara Simposium Pembenihan Ikan dalam rangka memperingati hari ulang tahun program studi tersebut yang ke-31 Tahun dan ulang tahun Ikatan Keluarga Alumni Jurusan Perikanan UIR yang pertama dengan menghadirkan beberapa pemakalah yang berasal dari dosen tetap prodi dan pemakalah yang berasal dari luar. Pemakalah yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Ir. H. T. Dahril., M.Sc dari Universitas Riau yang juga merupakan mantan Rektor UIR, Dr. Ir. H. Agusnimar., M.Sc (Direktur Lembaga Dakwah Islam Kampus UIR), Ir. H. Rosyadi., M.Si (Ketua Penjaminan Mutu Fakultas Pertanian UIR) dan Ir. Ediwarman., M.MA (Ketua Program Studi Budidaya Perairan UIR), sedangkan pemakalah yang berasal dari luar prodi yaitu Ir. H. Abdul Hamid., M.Si (Anggota Komisi Pemilihan Umum Propinsi Riau) dan Ir. Eriswan., M.Si (Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru) dimana ke-2 pemakalah ini merupakan alumni dari jurusan perikanan UIR. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor 1 UIR Dr. Nurman, S.Sos., M.Si. Acara simposium ini terlihat sangat antusias dikarenakan tidak hanya Mahasiswa saja yang hadir, melainkan juga tamu undangan juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya Wakil Rektor 1 UIR dalam hal ini mewakili Rektor UIR yang kebetulan berhalangan hadir dikarenakan padatnya jadwal Rektor, beliau mengucapkan selamat ulang tahun kepada prodi budidaya perairan dan berpesan kepada seluruh mahasiswa perikanan agar terus tetap semangat dalam melaksanakan perkuliahan dan dapat menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu. Disamping itu Wakil Rektor 1 juga berpesan kepada prodi yang saat ini sedang menyusun Borang Akreditasi Prodi Budidaya Perairan agar dapat berusaha semaksimal mungkin dalam peningkatan nilai Akreditasi yang sekarang B menjadi lebih baik lagi, yaitu nilai A.

Presentasi makalah yg pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. H. T. Dahril., M.Sc tentang teknik penyediaan pakan alami bagi benih ikan dengan memanfaatkan Chlorella sebagai media penelitian. Selain tersusun atas selulosa, beberapa spesies Chlorella mempunyai dinding sel yang juga tersusun atas sporopollenin. Sporopollenin juga terdapat pada spora dan serbuk sari yang merupakan suatu biopolimer dari karotenoid yang mempunyai kemampuan resisten yang luar biasa terhadap degradasi oleh enzim atau reagen-reagen kimia yang kuat. dimana ini Chlorella Selain mempunyai kemampuan resisten yang sangat kuat, Sporopollenin ini juga mempunyai kemampuan untuk mengadsorbsi ion logam dari suatu larutan membentuk kompleks logam dengan ligan. Hal ini menyebabkan alga hijau ini disebut sebagai filter feeder, yaitu organisme yang mampu menyaring partikel yang berasal dari suspensi di lingkungan hidupnya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue ultah tahun dan acara ditutup oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Dr. Ir. Ujang Paman Ismail., M.Agr serta sesi foto bersama dengan pemakalah dan peserta yang hadir lainnya. Dekan Dr. Ir. Ujang Paman Ismail., M.Agr mengatakan sangat senang sekali atas terselenggaranya kegiatan ini, khususnya di Prodi Budidaya Perairan UIR dalam rangka saling berbagi ilmu dan memberi solusi terkait masalah-masalah dalam bidang perikanan. (H45BY)

 

[ Pertanian ]